Selasa, 02 Juli 2013

Bercermin di Ranu Kumbolo



Bagi sebagian orang mungkin asing mendengar Danau Ranu Kumbolo ini, Danau ini terletak di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Ranu Kumbolo merupakan dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Di danau seluas sekitar 8 Hektar yang terletak di ketinggian 2.390 meter diatas permukaan laut, terdapat persediaan air yang melimpah. Kondisi airnya pun bersih dari pencemaran karena pengunjung tidak diizinkan untuk mandi, apalagi mencuci. Disana tidak boleh mengalirkan air bekas cucian  ke danau secara langsung.
Lokasi Ranu Kumbolo dapat ditemput sekitar 3-5 jam berjalan kaki dari pintu masuk pendakian Gunung Semeru di Ranu Pani, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Untuk mencapai puncak Semeru, pendaki bisa melalui beberapa segmen jalur pendakian yaitu jalur Ranu Pani, Ranu Kumbolo, Oro-Oro Omblo, Cemoro Kandang, Kalimati dan Puncak Mahameru.
Jarak Ranu Pani-Ranu Kumbolo sekitar 10,5 kilometer. Di jalur ini, kondisi medan relatif landai tapi agak sedikit naik turun. Nah sedangkan jarak dari Ranu Kumbolo-Kalimati sekitar 7,5 kilometer, lalu Kalimati-Puncak Mahameru sekitar 1 kilometer dengan medan yang cukup agak menanjak .
Tidak jauh berbeda dengan peraturan-peraturan yang ada di pegunungan lainnya, siapapun pendaki yang berkemah disekitar Ranu Kumbolo diharuskan membawa turun kembali semua sampah, sisa bungkus makanan yang mereka bawa dari bawah. Aturan ini sebenarnya sifatnya menyuluruh, termasuk di sepanjang jalur pendakian hingga sampai di Mahameru.








Sumber
http://travel.kompas.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar