Jumat, 07 Juni 2013

Hubungan Antara Ekonomi, Hukum, dan Kesejahteraan Masyarakat



Ekonomi merupakan ilmu yang mempelajari prilaku manusia dalam memilih dan menciptakan kemakmuran. Inti dari permasalahan ini adalah adanya ketidakseimbangan antara kebutuhan manusia yang tidak terbatas sedangkan barang nya terbatas. Hukum ekonomi adalah suatu hubungan sebab akibat peristiwa ekonomi yang saling berhubungan satu sama lain dalam kehidupan ekonomi sehari-hari dalam masyarakat.

Hukum adalah suatu sistem dalam pelaksanaan atas rangkaian kekuasaan dan kelembagaan. Dari bentuk penyalahgunaan kekuasaan dalam bidang politik, ekonomi dan masyarakat dalam berbagai cara dan bertindak, sebagai perantara utama dalam hubungan sosial antar masyarakat terhadap kriminalisasi dalam hukum pidana, hukum pidana yang berupayakan cara negara dapat menuntut pelaku dalam konstitusi hukum menyediakan kerangka kerja bagi penciptaan hukum, perlindungan hak asasi manusia dan memperluas kekuasaan politik serta cara perwakilan di mana mereka yang akan dipilih.

Hubungan antara hukum dengan ekonomi yaitu ekonomi merupakan tujuan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan dan kesejahteraan, sedangkan hukum adalah aturan atau tata tertib sosial yang di dalamnya terdapat kegiatan ekonomi, Seperti para pembisnis yang membutuhkan hukum dalam masalah ekonomi, apabila hukum lemah maka mengakibatkan usaha bagi para pembisnis menjadi tidak sehat. Pengaruh ini dalam bentuk pertimbangan-pertimbangan untung dan rugi yang berpengaruh pada kerja hukum. Karena tidak semua orang patuh terhadap hukum atas dasar hukum memang harus di taati dan harus ada balasan yang setimpal atas kesalahan yang telah sesorang perbuat.

Hubungan antara ekonomi dengan kesejahteraan masyarakat terjadi apabila pertumbuhan ekonomi masyarakat membaik, sehingga akan menimbulkan tingkat pendapatan masyarakat. Dari peningkatan pendapatan yang terjadi di masyarakat, maka masyarakat akan mampu memenuhi kebutuhan hidupnya secara lebih baik lagi. Hal ini menunjukan bahwa tingkat kesejahteraan pendapatan masyarakat mulai meningkat, bila pendapatan masyarakat meningkat dan pengangguran berkurang secara tidak langsung tindakan kriminal pasti akan berkurang seiring dengan meningkatnya pendapatan masyarakat.

Kesejahteraan sosial merupakan kesejahteraan masyarakat. Kesejahteraan masyarakat tergantung dari kesejahteraan ekonomi, karena keduanya memiliki hubungan yang sangat erat satu sama lainnya. Fungsi kesejahteraan ekonomi adalah mensejahterakan masyarakat. Penyediaan pelayanan sosial diberbagai bidang, untuk keuntungan masyarakat individu. Semua ini adalah gagasan untuk negara yang sejahtera. Kesejahteraan dari suatu Negara dapat dilihat dari ekonomi yang sejahtera dan hukumnya juga sejahtera.

Hukum yang merupakan penunjang dari kesejahteraan masyarakat dan ekonomi, yang menjadikan negara sejahtera. Kesejahteraan suatu negara dikarenakan hukumnya yang baik dan bisa menjalankan hukum dengan semestinya. Tidak dengan suap menyuap untukpenegakan hukum. Hukum seharusnya dilaksanakan dengan seharusnya, hukum pidana, hukum perdata, maupun hukum acara. Yang nantinya akan mencerminkan negara yang cinta hukum dan menjadi negara yang sejahtera bagi penduduknya. Dan menyebabkan masyarakat suatu negara tersebut nyaman menempati negara tersebut.

Kesejahteraan masyarakat tentunya berkat hukum negara yang berjalan dengan baik dan semestinya dan juga karena perekonomian negara yang berjalan dengan baik dan terus berkembang. negara yang memiliki masyarakat yang sejahtera itu di ketahui dari pendapatan perkapita negara tersebut. Pendapatan perkapita adalah rata-rata pendapatan masyarakat negara tersebut selama satu tahun. Semakin tinggi pendapatan perkapita suatu negara berarti semakin sejahtera lah masyarakat negara tersebut, sebaliknya jika pendapatan perkapita suatu negara rendah, berarti negara tersebut masyarakatnya kurang sejahtera.

Berikut ada 5 langkah prioritas kebijakan pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, yaitu :
1.    Percepatan peningkatan kesejahteraan masyarakat miskin
2.    Peningkatan kualitas sumber daya manusia indonesia
3. Pemantapan reformasi birokrasi dan hukum serta pemantapan demokrasi dan keamanan nasional
4. Penguatan perekonomian domestik yang berdaya saing didukung oleh pembangunan pertanian, infrastruktur dan energi
5.    Peningkatan pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan hidup

Kesejahteraan masyarakat juga dapat di tingkatkan dengan mengadakan training-training di balai latihan kerja untuk menambah jumlah pekerja tenaga ahli agar perkembangan teknologi serta pemasukan negara bisa terus tumbuh berkembang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar